top of page

Program CMSI

Banyak potensi (kemungkinan) kemaritiman di Indonesia yang seringkali belum bisa diubah menjadi peluang (kesempatan) yang bisa langsung dikerjakan melalui aksi-aksi nyata untuk mewujudkan gagasan-gagasan kemaritiman.  CMSI aktif membuka jalan menuju terobosan-terobosan baru untuk mengubah potensi menjadi peluang dengan melakukan pemberdayaan kemaritiman agar kelemahan-kelemahan yang terdeteksi bisa diperkuat untuk menjadi kekuatan-kekuatan menuju perubahan.

Sosialisasi Buku "Dan Toch Maar"

141725.jpg

Sejak 2012

Buku 'Dan Toch Maar' mengisahkan mengenai bagaimana para perwira TNI AL, lulusan Koninklijk Instituut voor de Marine, Den Helder, Negeri Belanda mengalami pendidikan perwira AL di Belanda dan dididik oleh mantan musuh mereka selepas ditandatanganinya Koverensi Meja Bundar 1949.  Buku yag menceritakan bagaimana mereka karakter mereka dibentuk sebagai perwira AL profesional dan juga bermartabat.  Hasil pendidikan tersebut mereka amalkan dan terapkan untuk membangun TNI AL dengan segala tantangan yang menghadapi mereka sekembalinya di tanah air.  Termasuk kisah perjuangan mereka dalam mengisi dan juga mempertahankan kemerdekaan RI dalam konflik Irian Barat yang pada saat itu mereka dalam posisi bertempur melawan mantan kolega mereka para perwira AL Belanda lulusan pendidikan AL Belanda dimana mereka belajar bersama sebelumnya.

Kisah mereka dalam buku ini menceritakan bagaimana visi maritim dan karakter pribadi mereka dibentuk sedemikian rupa dalam suatu sistem pendidikan yang lengkap dan teruji. CMSI bersama para pelaku sejarah ini mensosialisasikan isi buku ini kepada lingkaran pengaruh CMSI untuk berbagi pengalaman dan juga melaksanakan keempat misi CMSI.

Mitra HV Vega di Indonesia

Sejak 2012

Kapal H/V Vega (www.sailvega.com) adalah kapal kayu layar buatan Norwegia yang sudah berusia 120 tahun. Kapal ini melakukan misi kemanusiaan di wilayah Indonesia Bagian Timur dan juga Timor Leste dengan membantu masyarakat di pulau-pulau terpencil untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dalam rangka memperbaiki kualitas hidup mereka.

Kapal H/V Vega berlayar ke Malaysia, Singapura, dan Thailand (November-Mei) untuk mengumpulkan logistik bantuan (terutama alat kesehatan dan pendidikan),  untuk kemudian bergerak menuju wilayah Indonesia Bagian Timur (Juni-Oktober) untuk mendistribusikan logistik bantuan tersebut. Pada bulan Mei dan Otober setiap tahunnya, kapal H/V Vega selalu singgah di Jakarta.

CMSI merupakan mitra kerja kapal H/V Vega di Jakarta sebagai pendukung untuk menyebarkan informasi mengenai kegiatan kapal ini, mengumpulkan logistik bantuan, dan menggalang dukungan dari bermacam-macam pihak baik pribadi, komunitas, organisasi nirlaba, swasta, dan pemerintahan.

HV_Vega_16-scaled-e1673633915394.jpg

Indonesian Sea Cadet Corps

image.png

Sejak 2012

Indonesian Sea Cadet Corps (ISCC) adalah sebuah inisiatif untuk melakukan pembangunan karakter melalui kegiatan nyata di lingkungan laut yang bertujuan untuk terbentuk dan terbangunnya identitas dan visi maritim generasi muda Indonesia. Pelatihan dan kegiatan di atas kapal layar dan lingkungan laut adalah salah satu sarana dan cara untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

CMSI sudah mulai bergerak dengan mengirimkan delegasi CMSI Sea Cadet Corps (CSCC) ke Netherland Sea Cadet Corps (NLSCC) Annual Summer Camp, Juli 2012 di Negeri Belanda. 

Ayo Berlayar!

Sejak 2012

​Sadar, kenal, dan cinta laut adalah salah satu misi CMSI.  Kami berpendapat bahwa usaha yang paling mendasar untuk membangkitkan keasdaran maritim bangsa Indonesia adalah dengan mendekatkan orang Indonesia ke laut dalam arti yang sesungguhnya.  Negara maritim yang sudah teruji mempunyai budaya maritim yang kuat dimana bangsa mereka bergaul sangat dekat dengan laut dimana berkegiatan di laut baik untuk tujuan ekonomi, sosial maupun berekreasi, sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.

Bagi orang Indonesia pada umumnya, berlayar rekreasi bukanlah kegiatan yang main stream dikarenakan berbagai macam hambatan yang ada (tidak tersedianya sarana, peraturan yang tidak kondusif, industri terkait yang belum ada, dll.).  CMSI melihat bahwa kegiatan di laut dengan menggunakan kapal layar adalah salah satu bentuk nyata yang menggabungkan pengetahuan dan kesadaran akan alam laut, pembangunan karakter (kerja sama kelompok, kepemimpinan, tanggung jawab, dll.), dan ketrampilan nyata (navigasi, penggunaan layar, dll.)

CMSI bekerja sama komunitas kapal layar di Jakarta menjalankan program Ayo Berlayar dimana CMSI menumbuhkan minat dan mengajak para peminat untuk ikut berlayar dengan para pelaut-pelaut layar Indonesia dan juga asing yang tinggal di Indonesia menggunakan kapal-kapal layar yang ada di Jakarta.

 

Komunitas Ayo Berlayar juga sudah mempunyai badan hukum Yayasan Ayo Berlayar Indonesia (YABI)

Ingin berlayar harus punya kapal layar? Siapa bilang, mulailah berfikir secara kreatif, banyak pemilik kapal layar yang membuka diri dan bersedia berlayar bersama peminat kegiatan berlayar.  Kunjungi Ayo Berlayar!

MG_1874-1536x1024.jpg
18618_463909983777115_5469847841520566690_n.jpg
Sailing-Ayo-Berlayar-Near-Jakarta.jpg

Power Breakfast Series

Sejak 2016

Melalui program Power Breakfast Series, CMSI menyediakan forum diskusi untuk tokoh-tokoh maritim dari berbagai tempat di dunia. PBS diadakan pada waktu makan pagi di kafe-kafe di seluruh Indonesia, dimana tokoh-tokoh tersebut dapat berdiskusi mengenai kemaritiman di Indonesia serta membagi pengalaman mereka.

WhatsApp Image 2023-12-15 at 15.06.06_6444f29f.jpg
WhatsApp Image 2023-12-15 at 15.06.06_ec7610bf.jpg
WhatsApp Image 2023-12-15 at 15.06.07_bb592e74.jpg

Indonesia Boating Gathering (IBG)

Sejak 2019

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, wisata bahari di Indonesia adalah suatu potensi arena ekonomi maritim yang harus dikembangkan seiring dan sejalan dengan perbaikan dan pelestarian lingkungan hidup yang menyelamatkan dan menyejahterakan masyarakat.

CMSI terus berusaha untuk memetakan permasalahan, potensi dan peluang untuk melakukan gerakan-gerakan yang mengarah ke pengembangan ekonomi kapal wisata (boating & yachting) secara khusus  sebagai bagian dari ekonomi wisata bahari secara luas. Indonesia Boating Gathering adalah program CMSI di bidang ini, bekerja sama dengan organisasi, pelaku usaha terkait serta  komunitas olah raga bahari dan tirta.

image.png

Pendidikan Pembuatan RC Powerboat Bersama Kai Craft

image_edited.jpg

Sejak 2023

Bersama dengan Kai Craft, CMSI mengadakan pelatihan pembuatan kapal tengaga listrik bserskala kecil. Program ini telah dilaksanakan di Pesantren Balerante Cirebon pada Oktober 2023.

Melalui program tersebut CMSI berharap dapat mengajar melestarikan budaya Boatbuilding kepdada pemuda di seluruh Indonesia sekalian mengajar teknologi terdepan seperti propulsi elektronik dan sistem kontrol.

Wednesday Boating Series (WBS)

Sejak 2023

Wednesday Boating Series merupakan program berkapal wisata di Kepulauan Seribu, Jakarta pada hari Rabu (Wednesday). Tujuan program ini adalah untuk mensosialisasikan sejarah dan budaya maritim di Jakarta sementara meneyediakan program Boating dapat diakses dengan mudah oleh semua warga Jakarta dengan seluruh tingkat pengalaman melaut.

image_edited.jpg
bottom of page